23 Agustus 2010

Berani menentang kezaliman

Segala sesuatu pasti ada resikonya. Mustahil seseorang yang ingin mendapatkan kesuksesan tanpa resiko. Ketahuilah jika cenderung seseorang ingin selalu berharap kemudahan, 
ia pun justru berhadapan dengan berbagai kesulitan
Segala bentuk kezaliman memang harus dilawan di muka bumi ini. Setiap waktu selalu muncul orang-orang yang berbuat zalim.Orang zalim yang berbahaya adalah orang yang pintar dan memiliki kekuasaan, yaitu bersatunya karakter kuat dengan karakter buruk. Oleh karena itu, jika menemui seorang pemimpin cerdas yang zalim, berhati-hatilah menghadapinya.
Dengan fenomena kezaliman ini, Rasulullah saw pun mengingatkan, bahwa Allah Swt lebih menyukai Muslim yang kuat daripada Muslim yang lemah. Kekuatan yang harus dipersiapkan melawan kezaliman saat ini tidak harus dengan kekuatan fisik saja, akan tetapi yang terpenting adalah kekuatan pikiran alias kecerdasan. Oleh karena itu, banyak orang-orang cerdas yang melawan kezaliman dengan tulisan, hasil temuan yang brilian,kekuatan ekonomi, maupun strategi yang jitu.

Melawan kezaliman juga tidak boleh diurungkan karena rasa segan atau takut.
       Rasulullah saw bersabda,
       "Rasa takut (segan) terhadap manusia jangan smapai menghalangi kamu untuk menyatakan apa yang sebenarnya jika memang benar kamu melihatnya, menyaksikan, atau mendengarnya." (HR Ahmad)
Berada di antara orang-orang zalim adalah sebuah keniscayaan dalam dunia yang penuh cobaan ini. Lalu, melawan kezaliman adalah risiko dang tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang Muslim. Risiko melwan kezaliman di tempat kerja , misalnya,
  1. diberhentikan secara tidak hormat;
  2. dipindahkantugaskan ke bagian yang tidak relevan;
  3. diperingatkan dan diancam untuk dikeluarkan;
  4. diintimidasi.
Namun, bagi orang-orang yang punya kompetensi percaya akan kapabilitas dirinya, tentu tidak perlu khawatir. apalagi, jika kompetensi dan kepercayaan diri ditambah dengan kepercayaan akan adanya pertolongan Alaah Swt, Tidak ada sehelai rambutpun pun tercabut dari kulit kepala keculai izin Allah Swt. Begitupun tidak ada kekuasaan orang zalim untuk menghentikan kesuksesan seseorang kecuali atas izin Allah Swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar